Kegiatan Siswa dan Siswi SMAN 73 Jakarta

Kualitas tamatan sekolah dituntut untuk memenuhi standar kompetensi dunia kerja. Salah satunya, selain mampu menguasai materi pelajaran, siswa harus dapat berinteraksi dan aktif dalam hubungan sosial. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu alat pengenalan siswa pada hubungan sosial. Di dalamnya terdapat pendidikan pengenalan diri dan pengembangan kemampuan selain pemahaman materi pelajaran. Berangkat dari pemikiran tersebut, di SMA Negeri 73 Jakarta diselenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler

.
Beach Scene

OSIS (kepanjangannya adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama((SMP)) dan Sekolah Menengah Atas((SMA)). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing seorang guru yang dipilih oleh pihak sekolah.


PASKIBRA mempunyai manfaat sangat banyak diantaranya bisa meningkatkan kedisiplinan siswa-siswi, membangkitkan jiwa nasionalisme pada anggotanya, sebagai wahana penyaluran bakat, memupuk rasa tanggung jawab dan membekali anggotanya dengan berbagai keterampilan untuk menyongsong masa depan.

Beach Scene
Beach Scene

adalah sebuah wadah bagi Remaja dan Pemuda guna menyalurkan aspirasi, bakat, minat dan kecintaan terhadap alam dan kelestarian lingkungan hidup. Dengan menekankan pada kegiatan-kegiatan yang bersifat out door.


gerakan pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaanl. pramuka warga negara indonesia yang aktif dalam pendidikan kepramukaan serta mengamalkan satya pramuka dan drama pramuka kepramukaan adalah segala aspek yang berkaitan dengan pramuka

Beach Scene

Beach Scene

Ekskul PMR juga mengajarkan baris-berbaris, pengenalan medan di alam bebas, latihan halang rintang, organisasi dan penanganan bencana, memasak di dapur umum, kerjasama tim, mendirikan tenda, membuat tandu bahkan pelajaran menulis untuk majalah dinding dan seni budaya juga menjadi variasi materi yang diajarkan, serta banyak lagi kegiatan-kegiatan yang menarik lainnya.